
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Indarto Yuwono, S.T., M.T.Pembimbing 2
Rahayu Mekar Bisono, S.ST.,M.TDownload File
REDESAIN BRACKET MOTOR TRAKSI PADA TRAM BATERAI MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Vibrya Kiky Putri Purnama
204308063 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024
Abstrak
Bracket motor traksi merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menopang motor traksi yang ada pada Tram Baterai dan menanggung tekanan yang dihasilkan selama operasi normal, maka perlu diketahui nilai tegangan dan safety factor yang aman sebelum digunakan dalam pengaplikasiannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perbandingan hasil simulasi pada desain eksisting dan desain baru bracket motor traksi berdasarkan nilai massa, tegangan (von mises), deformasi, dan safety factor menggunakan Metode Elemen Hingga. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan pengujian statis diperoleh hasil tegangan (von mises) maksimal pada desain eksisting sebesar 71,454 MPa, deformasi maksimal 0,10511 mm, safety factor 3,4288 dan massa 24,087 Kg. Dari kedua desain baru yang telah dibuat didapatkan desain paling efektif dan efisien adalah desain 2. Hasil simulasi menggunakan Metode Elemen Hingga pada desain 2 didapatkan tegangan (von mises) maksimal sebesar 144,86 MPa, deformasi maksimal 0,11909 mm, safety factor 1,6913 dan massa 14,573 Kg. Perbandingan antara hasil simulasi desain eksisting dengan desain 2 didapatkan desain 2 mampu mereduksi massa sebesar 39,48 %.
Kata Kunci : Bracket, Metode Elemen Hingga, Tegangan (von mises), Deformasi, Safety Factor.