Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Dr. Eng. Agus Susanto, S. Pd., M. T.,
Pembimbing 2
Wahyu Pribadi, S. ST., M. T.

Download File

ANALISA HASIL PENGUKURAN INDEKS KENYAMANAN BERKENDARA (RIDE COMFORT INDEX) MENGGUNAKAN METODE SPERLING

Zahra Cyrilla Huda
194308075 / D4 Perkeretaapian

  • Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024

Abstrak

Selama perjalanan kereta, kenyamanan penumpang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut dapat dibedakan menjadi faktor fisik dan faktor sosial. Di antara semua faktor yang mempengaruhi kenyamanan penumpang, getaran mendapat perhatian khusus karena pengaruhnya terhadap tubuh manusia sangat penting. Whole body vibration (getaran seluruh tubuh) yang dialami oleh penumpang kereta dapat menimbulkan ketidaknyamanan, hal itu umumnya terjadi ketika tubuh manusia ditopang oleh permukaan yang bergetar. Getaran dapat mengganggu kenyamanan dan kemampuan penumpang untuk melakukan aktivitas tertentu dan bahkan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Maka, perlu dilakukan analisa hasil pengukuran indeks kenyamanan berkendara (ride comfort index) menggunakan metode Sperling yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan dari hasil pengujian ride comfort index dari sistem instrumentasi yang dikembangkan dengan melakukan simulasi dan/atau pengujian. Metode Sperling merupakan standar kenyamanan yang paling umum diterima dan digunakan sebagai standar kenyamanan kereta internasional. Nilai ride comfort index dapat memberi isyarat tentang keamanan maupun kenyamanan penumpang. Ride comfort index akan dihitung dan dianalisa dari hasil pengukuran getaran yang didapat dari kereta yang diuji terhadap tingkat kenyamanan dengan menggunakan metode Sperling. Berdasarkan hasil simulasi, didapatkan nilai ride comfort index sebesar 1.806215 (lateral) dan 1.6871436 (vertikal) dengan ride quality adalah good. Serta, berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai ride comfort index untuk sensor accelerometer sebesar 2.16 (lateral) dan 2.02 (vertikal) dengan ride quality adalah tolerable. Untuk sensor strain gauge didapatkan nilai ride comfort index sebesar 2.44 (lateral) dan 2.28 (vertikal) dengan ride quality adalah tolerable. 

Kata Kunci : getaran, whole body vibration, ride comfort index, metode Sperling, kenyamanan berkendara.