Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Bi Asngali, S.ST., M.T.
Pembimbing 2
Sukoroto, S.T., M.MT.

Download File

ANALISA RUANG GANGWAY KERETA TRAINER HYBRID SAAT BERBELOK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESELAMATAN PENUMPANG

Abdany Afiq Khoiri
194308045 / D4 Perkeretaapian

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Kereta Trainer Hybrid merupakan kereta multiple unit untuk pembelajaran Politeknik Negeri Madiun (PNM) dengan radius lintasan kecil pertama yang pernah dibuat PT INKA (Persero). Kereta Trainer Hybrid memiliki radius lengkung 30 meter, dari pemasalahan itu sehingga diperlukan analisa lebih lanjut terkait simulasi gerakan kereta terutama bagian ruang gangway kereta Trainer Hybrid saat berbelok diradius 30 meter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan validasi. Simulasi uji gerak kereta saat berbelok di radius 30 meter melalui tahap yaitu pengukuran dan pemodelan. Selain simulasi uji gerak, penelitian ini juga memvalidasi volume dan data antropometri dengan kondisi ruang gangway. Hasil dari penelitian ini, kondisi ruang gangway yang diperhatikan dari hasil uji gerak kereta adalah adalah kondisi normal, kondisi berbelok setengah, dan kondisi berbelok penuh. Kondisi setengah berbelok dikatakan ekstream karena diproleh data gerak relatif yaitu Longitudinal displacement 1702 mm, Lateral displacement 606 mm, Yaw Angel 16˚, angle coupler dengan lintasan 26˚, dan Angle Coupler dengan kereta 41˚, hasil tersebut menunjukan nilai maksimum pada Lateral displacement dan Angel Coupler. Hasil terkecil volume kondisi setengah berbelok yaitu 3,40 m³ dari kondisi tertinggi yaitu kondisi normal sebesar 3,72 m³. Ruang utama gangway yang sudah ada, terkait tinggi dan lebar clearways sudah memenuhi, yaitu sebesar horizontal clearways 680 mm dan vertical clearways 2000 mm sesuai standar EN 16286-1,2013 yaitu horizontal clearways 550 mm dan vertical clearways 1950 mm. Perubahan volume pada setiap kondisi ruang gangway tidak mengganggu dari keamanan lebar bahu penumpang. Hasil validasi kondisi 1 (satu) penumpang dengan lebar bahu dinamis 63 cm, dikatakan aman untuk dilewati pada kondisi normal, kondisi berbelok setengah, dan berbelok penuh, karena bagian batas gangway atas masih memiliki sisa ruang bebas kanan dan kiri 385 mm pada kondisi normal, kodisi ekstream 286 mm bagian kanan dan 263 mm untuk kiri, dan kondisi berbelok penuh sebesar 204 mm untuk bagian kiri dan 505 bagian kanan. 

Kata Kunci : Ruang Gangway , Gangway Kereta, Software CAD, Antropometri, EN 16286-1, Safety, Keamanan Penumpang.