Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
R. Akbar Nur Apriyanto, S.Tr.T., M.Tr.T.
Pembimbing 2
Darma Arif Wicaksono, M.T.

Download File

PROTOTIPE DESAIN EMERGENCY BRAKE PADA KERETA DENGAN METODE PID BERBASIS MIKROKONTROLER

AMINAH
204308039 / D4 Perkeretaapian

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Sistem pengereman darurat (emergency brake) sangat memiliki peran penting dalam keselamatan operasional kereta api. Kecepatan dan massa kereta api memerlukan suatu mekanisme pengereman yang efisien dan dapat diandalkan dalam situasi darurat. Tujuan untuk pengereman darurat agar kereta menghasilkan pengereman yang secara halus tanpa kejutan. Perbandingan nilai rise time close loop lebih cepat dibandingkan open loop serta nilai penurunanya pun lebih cepat close loop di banding open loop. Pengereman prototipe kereta api dengan panjang rel 4,15 m dengan kecepatan 0.13 m/s menghasilkan pengereman dengan perlambatan 0.44 m/s dan membutuhkan jarak pengereman 0.19 m dengan waktu tempuh 3 detik. pengujian menggunakan tuning Ziegler-Nichol’s terdapat nilai Kp = 3.6, Ki = 1.3, Kd = 1.8, untuk motor DC berbeban dengan setpoint 130 ADC dan berhasil membawa beban statis

 Kata kunci: Pengereman Darurat, Tunning PID Ziegler-Nichol’s