
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
R. Akbar Nur Apriyanto, S.Tr.T., M.Tr.T.Pembimbing 2
Darma Arif Wicaksono, M.T.Download File
PROTOTIPE DESAIN EMERGENCY BRAKE PADA KERETA DENGAN METODE PID BERBASIS MIKROKONTROLER
AMINAH
204308039 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Sistem pengereman darurat (emergency brake) sangat memiliki peran penting dalam keselamatan operasional kereta api. Kecepatan dan massa kereta api memerlukan suatu mekanisme pengereman yang efisien dan dapat diandalkan dalam situasi darurat. Tujuan untuk pengereman darurat agar kereta menghasilkan pengereman yang secara halus tanpa kejutan. Perbandingan nilai rise time close loop lebih cepat dibandingkan open loop serta nilai penurunanya pun lebih cepat close loop di banding open loop. Pengereman prototipe kereta api dengan panjang rel 4,15 m dengan kecepatan 0.13 m/s menghasilkan pengereman dengan perlambatan 0.44 m/s dan membutuhkan jarak pengereman 0.19 m dengan waktu tempuh 3 detik. pengujian menggunakan tuning Ziegler-Nichol’s terdapat nilai Kp = 3.6, Ki = 1.3, Kd = 1.8, untuk motor DC berbeban dengan setpoint 130 ADC dan berhasil membawa beban statis
Kata kunci: Pengereman Darurat, Tunning PID Ziegler-Nichol’s