
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si., M.T.Pembimbing 2
Wida Yuliar Rezika, S.T., M.Sc.Download File
ANALISIS INSULASI KEBISINGAN MATERIAL PINTU DAN JENDELA KERETA K1 STAINLESS STEEL
Anisa Weni Widiyana
194308016 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Faktor kenyamanan berkendara menggunakan transportasi kereta api berkaitan dengan kebisingan, acuan tingkat kebisingan di dalam ruang penumpang tidak melebihi 85 dBA. Permasalahan penelitian adalah kebisingan yang berasal dari luar kereta yang merambat di pintu dan jendela kereta. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat insulasi kebisingan pada material pintu dan jendela kereta K1 Stainless Steel terhadap standar ASTM E413. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimen dengan pengukuran transmission loss dan waktu dengung untuk mengetahui nilai field sound transmission class (FSTC) pintu dan jendela kereta, dan simulasi untuk mengetahui nilai sound transmission class (STC) pintu dan jendela kereta menggunakan software AFMG Soundflow. Hasil penelitian adalah nilai noise reduction pada pintu 22,80 - 46,92 dB dan noise reduction di jendela 26,56 - 59,61 dB. Waktu dengung pada kereta penumpang 0,25 – 0,49 detik, dan waktu dengung di bordes 0,35 – 0,75 detik. Transmission loss pada pintu 30,21 - 57,60 dB dan nilai transmission loss di jendela 31,94 - 64,16 dB. Nilai FSTC pintu 36, 38, 39, 41 dan FSTC di jendela 44, 49, 50, 52, 54. Data simulasi STC pada pintu 39, STC pada jendela 41 dan 44. Kesimpulan penelitian adalah nilai perhitungan FSTC dan nilai simulasi STC diketahui nilai tingkat insulasi kebisingan pada pintu lebih rendah daripada tingkat insulasi kebisingan pada jendela.
Kata kunci: insulasi kebisingan, transmission loss, waktu dengung, field sound transmission class, kereta K1 stainless steel