
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Darma Arif Wicaksono, M.T.Pembimbing 2
Wahyu Pribadi, S,ST., M.TDownload File
Desain Software Sistem Monitoring Data Passenger Cabin Noise Meter Pada Kereta Berbasis Embedded Microcontroler Internet of Things
Daniel Ergawanto Lainium
204308096 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Kenyamanan, kesehatan, dan keselamatan bagi pengguna transportasi kereta api sangatlah penting untuk diperhatikan. kenyaman dan kesehatan pengguna kereta api terkait dengan salah satu kondisi akustik dari kabin kereta penumpang yakni kebisingan. Tingkat kebisingan maksimum pada kabin penumpang kereta api diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 175 Tahun 2015 Tentang Standar Spesifikasi Teknis Kereta Kecepatan Norma Dengan Penggerak Sendiri yang menyebutkan bahwa ambang batas atas kebisingan pada kabin penumpang adalah sebesar 80 dB. Untuk memudahkan petugas perawatan kereta api dalam melakukan pemeriksaan atau monitoring kebisingan dalam kabin penumpang secara berkala untuk memastikan tingkat kebisingan dalam kabin penumpang tidak melebihi ambang batas yang ditentukan tersebut. Maka dari itu peneliti mengusulkan suatu penelitian untuk meningkatkan kualitas monitoring dari kebisingan kabin kereta yang dapat diakses dengan penggunaan basis Internet of Things (IoT) menggunakan protokol komunikasi MQTT. Hasil dari penelitian ini adalah berupa sistem monitoring berbentuk dashboard web-base yang dapat menyatakan status tingkat kebisingan pada kabin penumpang kereta dan memberikan notifikasi alert pada telegram dan email sekaligus datalogging report noise pada email yang telah ditentukan. Hasil analisis terhadap QoS jaringan berupa delay dan data loss dalam pengujian skala laboratorium dan skala on site kereta didapatkan hasil bahwa pengiriman 1000ms merupakan yang paling optimal dikarenakan memiliki interval pengiriman paling cepat dengan tingkat data loss dan delay paling minimum diantara variasi interval yang lain yaitu sebesar dan 0.464 s dengan 0% dataloss pada Node A dan 0.503 s dengan 0% dataloss pada Node B pada hasil uji skala laboratorium. Sementara pada hasil uji skala on site kereta didapatkan tingkat delay dan dataloss masing-masing sebesar 0.398s dan 0.75% pada Node A dan sebesar 0.412 dengan 0% dataloss pada Node B.
Kata kunci: Internet of Things, Kebisingan, Sistem Monitoring, MQTT.