
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Bi Asngali, S.T., M.T.Pembimbing 2
Wida Yuliar Rezika, S.T., M.Sc.Download File
ANALISIS PEMBEBANAN KERETA API PNM DITINJAU DARI STATIC STRUCTURAL REL iMENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGAi
Daris Itsar Samudra
194308058 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Pembebanan terhadap rel kereta yang berulang akan menghasilkan kegagalan komponen. Kegagalan komponen akan berdampak pada penurunan kekuatan apabila tidak diperhitungkan dengan benar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan analisis terhadap pembebanan rel Kereta Api PNM menggunakan metode elemen hingga. Metode elemen hingga ialah metode yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah perhitungan kekuatan struktur secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kekuatan dari rel Kereta Api PNM. Proses diawali dengan melakukan desain rel tipe UIC-54 sepanjang 750 mm lalu menghitung ukuran kontak elips roda dan rel menggunakan teori hertizian. Untuk standarisasi, mengacu pada European Committee for Standarization (2011) menghasilkan nilai defleksi maksimum sebesar 1,3713 mm pada rel lurus. Diperoleh tegangan von misses maksimum dibawah nilai yield strength material sebesar 888,82 MPa pada rel dalam lengkung horizontal. Berdasarkan Permenhub KM. 43 Tahun 2010, tegangan normal menunjukkan nilai maksimum sebesar 84,269 MPa pada rel lurus, dan berdasarkan buku Dobrovolsky “Machine Elements (1988)” untuk beban statis menghasilkan nilai faktor keamanan minimum sebesar 0,9867 pada rel dalam lengkung horizontal, nilai ini di bawah standar faktor keamanan yaitu 1,25 sehingga untuk kondisi ini tidak aman untuk digunakan. Namun pada kondisi yang lain, nilai safety factor melebihi standar.
Kata Kunci : metode elemen hingga, teori kontak hertizian, defleksi, tegangan, dan safety factor