Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si., M.T.
Pembimbing 2
Wida Yuliar Rezika, S.T., M.Sc.

Download File

EFEKTIFITAS SUSTAINABLE BARRIER TERHADAP KEBISINGAN PERMUKIMAN AKIBAT JALUR GANDA KERETA API

Denisa Eka Febrianti
194308060 / D4 Perkeretaapian

  • Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024

Abstrak

Kebisingan di lingkungan permukiman warga yang berdampingan dengan jalur ganda rel kereta api mengganggu kenyamanan warga. Kebisingan tersebut berasal dari kereta api yang melintas di jalur ganda rel kereta api. Permasalahan penelitian adalah tingkat kebisingan area permukiman dibandingkan dengan standar baku kebisingan dan efektifitas sustainable noise barrier dalam mengurangi tingkat kebisingan permukiman yang berdampingan dengan jalur ganda rel kereta api. Tujuan penelitian adalah menganalisis tingkat kebisingan permukiman yang dilalui jalur ganda kereta api, dengan mengacu nilai ambang batas Kep.MenLH No.48 Tahun 1996 senilai 55 dBA dan menganalisis efektifitas sustainable noise barrier untuk mengatasi kebisingan tersebut. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimental mengacu standar SNI 8427 Tahun 2017 untuk pengukuran kebisingan permukiman dan penentuan efektifitas sustainable noise barrier menggunakan pengukuran Insertion Loss (IL) dan Transmission Loss (TL) pada skala laboratorium dan skala existing (tepi jalur ganda rel kereta api). Kesimpulan penelitian adalah permukiman yang berdampingan dengan jalur ganda rel kereta api melebihi nilai ambang batas senilai 78,08 dBA dan sustainable noise barrier efektif dari segi bahan untuk menurunkan kebisingan senilai 27 dB pada frekuensi 1.000 Hz di permukiman yang berdampingan dengan jalur ganda rel kereta api. 

Kata kunci: Kebisingan, Permukiman, Noise Barrier, Insertion Loss, Transmission Loss