
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si., M.T.Pembimbing 2
Wida Yuliar Rezika, S.T., M.Sc.Download File
ANALISIS DESAIN DAN SIMULASI PENCAHAYAAN PADA PENUMPANG DI KERETA K1 DAN KERETA MAKAN STAINLESS STEEL
Halimatus Sa’diyah
194308014 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Sistem pencahayaan adalah satu dari beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang di kereta api. Pencahayaan berkaitan dengan produktivitas manusia menjadi faktor pendukung kenyamanan dan keamanan. Standar pencahayaan minimum di kereta stainless steel senilai 300 lux (PM No: KM. 41 Tahun 2010) dan kondisi emergency senilai 5 lux (UIC 555 1st edition). Standar nilai uniformity pencahayaan mengacu UIC 555 1st edition. Permasalahan penelitian adalah kesesuaian nilai pencahayaan ruang terhadap standar keberterimaan yang berpengaruh pada kenyamanan visual penumpang. Tujuan penelitian adalah analisis desain dan simulasi pencahayaan di kereta K1 dan kereta makan stainless steel pada kondisi normal dan emergency. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimental dengan pengukuran intensitas cahaya, observasi objek interior, dan simulasi pada software DIALux Evo. Hasil penelitian dianalisis dari pengukuran dan simulasi adalah nilai intensitas cahaya untuk kondisi normal memenuhi nilai standar minimum 300 lux dan beberapa ruang kondisi emergency di bawah 5 lux. Nilai uniformity di kereta K1 dan kereta makan memenuhi nilai standar yang direkomendasikan dan ditemukan variasi warna dan elemen interior yang berpengaruh terhadap nilai refleksi cahaya di ruangan. Kesimpulan penelitian adalah pencahayaan di kereta api memenuhi standar keberterimaan dan pencahayaan ruang dipengaruhi dua dari beberapa faktor yaitu warna dan elemen interior.
Kata kunci: emergency, kereta makan, K1, stainless steel, uniformity