
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
R. Gaguk Pratama Yudha, S.ST., M.T.Pembimbing 2
Darma Arif Wicaksono, M. T.Download File
PEMILIHAN KABEL INSTALASI LISTRIK PADA KERETA HIBRIDA PNM BERDASARKAN KAPASITAS PENGHANTAR
JAMALUDIN AL AFGANI
194308041 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Kereta Hibrida PNM merupakan kereta yang memiliki empat mode power supply yaitu mode Catenary, mode Catenary Baterai, mode Generator Baterai, dan mode Generator, Baterai dan Fuel Cell. Perbedaan mode power supply sangat berdampak pada arus yang mengalir melewati kabel. Penelitian ini berfokus pada pemilihan ukuran kabel agar dapat bekerja menggunakan keempat mode yang dilakukan menggunakan software ETAP. Hasil dari penelitian ini adalah besar arus tertinggi terjadi pada kabel Output Catenary dengan besar arus 233.3 A, dan besar arus terendah terjadi pada kabel Output DC/DC 1 dan Output DC/DC 2 yang memiliki arus sebesar 12.8 A. Dari keseluruhan 17 kabel, terdapat empat kabel yang memiliki ukuran sama besar antara ukuran hasil simulasi dengan ukuran kabel existing yaitu, kabel Output Catenary dengan ukuran 150 mm2 , kabel DC/DC Converter dengan ukuran 150 mm2 , kabel Output Fuelcell 1 dan Fuelcell 2 dengan ukuran 25 mm2 . Jarak terjauh antara ukuran simulasi dengan ukuran existing terdapat pada kabel Output PDU Fuelcell dengan ukuran simulasi sebesar 2.5 mm2 dan ukuran existing sebesar 50 mm2 . Nilai arus, rugi daya dan drop voltage pada kabel existing lebih kecil dibandingkan menggunakan kabel simulasi, sehingga kabel existing lebih andal jika dibandingkan dengan kabel simulasi pada tegangan 600 VDC dan 1500 VDC.
Kata kunci: kereta hibrida, software ETAP, aliran daya DC, short circuit, keandalan kabel