
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Dr. Eng. Agus Susanto, S.Pd., M.T.Pembimbing 2
Wida Yuliar Rezika, S.T., M.Sc.Download File
ANALISIS DESAIN FRICTION BUFFER STOPS SEBAGAI PENUNJANG STANDAR KESELAMATAN KERETA BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Moh. Taufiq Mahendra
204308065 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu bandara tersibuk se-Asia Tenggara yang mempunyai kereta bandara (Railink) sebagai transportasi yang menghubungkan bandara dengan stasiun di luar bandara. Mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2015, standar keselamatan operasi dalam perkeretaapian merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kejadian overrun pada kereta Railink Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu kejadian yang perlu untuk diantisipasi. Friction buffer stops merupakan salah satu prasarana keselamatan yang dapat mendukung standar keselamatan operasi dengan berfungsi menghentikan kereta ketika terjadi overrun. Riset ini bertujuan untuk menganalisis desain friction buffer stops dengan menggunakan material S690QL yang memiliki nilai luluh 690 MPa serta mempertimbangkan beberapa parameter seperti energi kinetik, perlambatan, dan gaya gesek menggunakan metode analitik sehingga dapat untuk memastikan kereta berhenti dalam jarak yang diharapkan serta untuk mengetahui kekuatan struktur menggunakan metode numerik atau metode elemen hingga. Berdasarkan hasil analisis simulasi didapatkan nilai total deformasi sebesar 229,57 mm, nilai tegangan maksimum sebesar 118,38 Mpa, dan nilai regangan maksimum sebesar 0,59552 mm/mm. Berdasarkan hasil tersebut, maka desain friction buffer stops dapat dijadikan acuan untuk diimplementasikan sebagai prasarana penunjang keselamatan kereta bandara.
Kata kunci: Friction buffer stops, energi kinetik, S690QL, metode elemen hingga, analisis kinematika gerak.