
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Noorsakti Wahyudi, S.T., M.T.Pembimbing 2
Nanang Romandoni, S.Pd., M.T.Download File
STUDI EKSPERIMEN BENTUK PISTON DOME ENGINE 4 STROKE 120cc BERBAHAN BAKAR LPG TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG
Akhmad Efendi Khoiri
203303036 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Seiring menipisnya cadangan minyak bumi di dunia, kebutuhan akan bahan bakar semakin bertambah. Untuk itu diperlukan bahan bakar cadangan untuk menggantikan minyak bumi (Liquified Petroleum Gas LPG) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan BBM yaitu memiliki nilai oktan yang tinggi sehingga dapat menghasilkan performa yang lebih baik, emisi gas buang yang lebih rendah, dan lebih efisien. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk piston dome terhadap performa pada SI engine berkapasitas 120cc 3,5 HP berbahan bakar LPG dengan rasio kompresi 11,2:1 dan 13,6:1. Selama uji coba engine dioperasikan menggunakan bahan bakar LPG secara bergantian dengan putaran 2000, 2500, 3000, 3500 dan 4000 RPM. Dari hasil pengujian performa daya tertinggi dicapai dengan menggunakan variasi Rasio kompresi 13,6:1 pada putaran mesin 4000 RPM, sedangkan torsi tertinggi dicapai dengan menggunakan variasi rasio kompresi 11,2;1 pada putaran mesin 2500 RPM. Maka desain piston dome cukup mempengaruhi daya dan torsi terhadap engine 4 langkah satu silinder. Dari hasil pengujian kadar emisi gas buang yang dilakukan, penggunaan variasi rasio kompresi 11,2:1 dapat menghasilkan kadar emisi yang cukup rendah . Untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar yang paling baik dan paling hemat, maka menggunakan variasi rasio kompresi 13,6:1 karena rasio kompresi yang lebih tinggi dapat meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar LPG.
Kata Kunci:, Liquefied Petroleum Gas (LPG), piston, performa , emisi gas buang, dan konsumsi bahan bakar