Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Imam Basuki, S.Pd., M.Si.
Pembimbing 2
Yoga Ahdiat Fakhrudi, S.Pd., M.T.

Download File

ANALISA KEKUATAN BEBAN TERHADAP DESAIN STRUKTUR RANGKA BUS ZEPPELIN M5 MENGGUNAKAN FINITE ELEMEN METHOD

Andhika Octa Setiawan
203303028 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kekuatan desain struktur rangka Zeppelin M5 menggunakan metode Finite Element Analysis (FEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil simulasi untuk tegangan dan defleksi serta hasil safety factor dari pembebanan kondisi vertical dengan variasi berat normal, kosong dan maksimal pada desain struktur rangka bus Zeppelin M5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan awal berupa studi pendahuluan untuk memahami penelitian terdahulu dan kondisi lapangan yang relevan. Selanjutnya, dilakukan perumusan permasalahan, penyusunan metode penelitian, pengumpulan data dan simulasi menggunakan software ANSYS, evaluasi dan analisis hasil penelitian, serta penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian analisa kekuatan beban terhadap desain struktur rangka bus Zeppelin M5 pada ketiga variasi dikatakan aman dikarenakan hasil berada di atas standar yang berlaku. Dari ketiga simulasi, dapat dikatakan bahwa maksimal penumpang yang bisa ditampung oleh rangka bus Zeppelin M5 adalah 37 penumpang melebihi penumpang pada berat normal yaitu 32 penumpang atau menambah 5 penumpang dengan hasil safety factor 1,3375, von misses stress 228,04 Mpa dan defleksi sebesar 3,4779 mm. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi PT. Gunung Mas Bersinar dalam mengembangkan rangka bus tersebut serta bisa meningkatkan pemahaman terhadap standar dalam kajian desain struktur untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan proses belajar mengajar di bidang teknologi rekayasa otomotif. 

Kata Kunci : Rangka, Finite Elemen Method, Pembebanan Vertical, Safety Factor, ANSYS Workbench, Tegangan, Defleksi