
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Nanang Romandoni, S.Pd., M.T.Pembimbing 2
Deni Nur Fauzi, S.T., M.T.Download File
STUDI EKSPERIMEN PENGARUH RASIO KOMPRESI MESIN 120 CC BERBAHAN BAKAR LPG TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG
Arminto Ghana Purbaya
203303027 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Saat ini harga bahan bakar minyak di Indonesia cukup tinggi dan pasokannya terbatas, Perkiraan cadangan minyak bumi Indonesia akan habis dalam 20 tahun ke depan. Untuk itu Liquified Petroleum Gas (LPG) merupakan bahan bakar alternatif sebagai pengganti gasoline karena memiliki keunggulan nilai oktan yang tinggi dan kadar emisi yang rendah dibandingkan dengan bahan bakar minyak (BBM). Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh variasi kompresi 10,3:1, 11,7:1 dan 13,5:1 terhadap performa mesin, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang pada SI engine berkapasitas 120 cc berbahan bakar LPG. Pengujian ini menggunakan bahan bakar LPG dan dioperasikan pada putaran mesin 2000, 2500, 3000, 3500, dan 4000 rpm. Hasil pengujian performa mesin daya dan torsi tertinggi dicapai dengan menggunakan rasio kompresi 13,5:1 pada putaran mesin 4000 rpm dan torsi tertinggi pada putaran mesin 2500 rpm. Hasil pengujian emisi gas buang dengan penggunaan rasio kompresi 13,5:1 menghasilkan emisi CO (%) dan HC (ppm) terendah. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar BSFC dengan menggunakan rasio kompresi 13,5:1 menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan hemat.Penggunaan variasi rasio kompresi pada SI engine 4 stroke 1 cylinder berkapasitas 120 cc sangat berpengaruh terhadap performa mesin, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buangnya.
Kata kunci: Liquified Petroleum Gas (LPG), cylinder head, rasio kompresi, performa,konsumsi bahan bakar, emisi.