
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Wahyu Pribadi, S.T., M.T.,Pembimbing 2
Adiratna Ciptaningrum, S.T., M.T.,Download File
RANCANG BANGUN SISTEM ELECTRIC BRAKING CONTROL UNIT PADA KERETA INSPEKSI PNM BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER
Muhammad Sandy Atalla
194308088 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Sistem pengereman merupakan salah satu sistem yang cukup penting pada kendaraan khususnya sarana perkeretaapian. Namun PT. INKA (Persero) sebagai produsen kereta api yang berbasis di Indonesia belum dapat memproduksi sistem pengeremannya sendiri, sehingga perusahaan ini masih bergantung pada perusahaan asing dalam bidang pengereman. Tujuan dari penelitian ini melakukan riset terhadap sistem pengereman kereta api khusunya pada basis pengereman elektrik dengan bantuan sistem kontrol PLC. Pada penelitian ini dilakukan eksperimen dengan mencari nilai duty cycle dan frekuensi yang tepat untuk memberikan hasil optimal pada sistem pengereman yang sesuai dengan Permenhub yaitu dengan nilai deselerasi maksimum sebesar 0,8 m/s2 . Hasil penelitian ini didapatkan nilai frekuensi sebesar 50 Hz dan nilai duty cycle pada masing masing langkah pengereman B1, B2, dan B3 senilai 75 ppt, 90 ppt dan 125 ppt. Dari penelitian ini diketahui nilai deselerasi maksimum pada kondisi beban kosong adalah 0.84 m/s2 dan pada beban penuh senilai 0.53 m/s2 . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sistem pengereman elektrik (EBCU) pada kereta inspeksi PNM dengan menggunakan PLC Outseal sudah efektif pada keadaan beban kosong.
Kata Kunci: Sistem pengereman, Programmable Logic Controller, Outseal, Deselerasi, Sarana Perkeretaapian