Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Indah Puspitasari, S.Pd., M.T.
Pembimbing 2
Deni Nur Fauzi, S.T., M.T.

Download File

RANCANG BANGUN SEPEDA LISTRIK DENGAN VARIASI BEBAN TERHADAP JARAK TEMPUH

Mohammad Iqbal Fauzi
203303040 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Penelitian ini mengkaji perkembangan teknologi sepeda listrik dan proses pembuatan serta analisis desain sepeda listrik roda dua. Komponen utama yang digunakan meliputi motor BLDC 500 W, controller, dan baterai lithium ion. Penelitian mencakup proses pengelasan rangka, pembuatan bok baterai, dan perakitan sensor odometer. Analisis deformasi total dengan beban pengemudi 75 kg, 85 kg, dan 95 kg menggunakan Ansys menunjukkan deformasi maksimum masing-masing sebesar 0,79718 mm, 0,87375 mm, dan 0,98773 mm. Pengujian jarak tempuh mengungkapkan bahwa rata-rata jarak tempuh adalah 34,97 km dengan beban 75 kg, 31,37 km dengan beban 85 kg, dan 28,67 km dengan beban 95 kg. Waktu tempuh rata-rata adalah 5.912 detik (75 kg), 5.697 detik (85 kg), dan 5.430 detik (95 kg). Konsumsi daya baterai setelah menempuh jarak 5 km menunjukkan peningkatan dengan bertambahnya beban pengemudi: 10% untuk 75 kg, 13% untuk 85 kg, dan 14% untuk 95 kg. Kesimpulannya, semakin besar berat pengendara, efisiensi baterai menurun secara bertahap. Penelitian ini memberikan referensi penting bagi pengguna dalam memilih spesifikasi sepeda listrik yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan memastikan keselamatan pengendara melalui desain rangka yang optimal. 

Kata Kunci : Sepeda Listrik, Motor BLDC, Baterai Lithium Ion, Efisiensi Baterai, Desain Rangka.