Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Indah Puspitasari, S.Pd., M.T.
Pembimbing 2
Nanang Romandoni, S.Pd., M.T.

Download File

PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PENDINGIN DENGAN VARIASI TIPE HEATSINK TERHADAP TEMPERATUR BATERAI SEPEDA LISTRIK

Muhammad Dandy Dyaz Ahmadin
203303042 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Penggunaan sepeda listrik memberikan alternatif yang ramah lingkungan dan hemat energi dibandingkan dengan kendaraan bermotor konvensional. Kelemahan terhadap pada baterainya yang mengalami kenaikan seiring dengan pemakaian kendaraan yang lama kelamaan akan mengakibatkan resiko. Salah satu cara mengurangi panas yang ada pada baterai kendaraan adalah dengan menambahkan pendingin baterai berbasis udara dengan menggunakan modul thermoelektric fan dan penambahan heatsink. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem pendingin dengan variasi tipe heatsink panas extrude, slot dan double extrude terhadap temperatur baterai sepeda listrik. Metodologi yang digunakan adalah metode percobaan (experiment perancangan) dengan melakukan pengujian ke objek sepeda listrik, pertama tanpa pendingin, kemudian diuji dengan perbedaan pada penggunaan pendingin dengan variasi tipe heatsink panas. Pengambilan data meliputi waktu tempuh, jarak tempuh dan temperatur, kemudian dianalisa untuk mendapatkan hasil yang efisien dan optimal. Hasil awal kondisi baterai sepeda listrik tanpa pendingin menunjukkan bahwa suhu baterai lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan pendingin, dengan rata-rata mencapai 38,65 °C, di setiap penurunan 10% persentase baterai rata-rata waktu tempuh 20,37 (menit), untuk jarak tempuh sejauh 6,723 (km), sistem pendingin dengan variasi tipe heatsink panas extrude menghasilkan rata-rata pendinginan sebesar 23,11 °C, di setiap penurunan 10% persentase baterai rata-rata waktu tempuh 19,98 (menit), untuk jarak tempuh sejauh 6,754 9 (km), sistem pendingin dengan variasi tipe heatsink panas slot memberikan rata-rata pendinginan sebesar 25,18 °C, di setiap penurunan 10% persentase baterai rata-rata waktu tempuh 20,51 (menit), untuk jarak tempuh sejauh 6,679 (km), sistem pendingin dengan variasi tipe heatsink panas double extrude mencapai rata-rata pendinginan sebesar 22,84 °C, di setiap penurunan 10% persentase baterai rata-rata waktu tempuh 20,10 (menit), untuk jarak tempuh sejauh 6,683 (km). Efisiensi pendinginan hasil terbaik menggunakan heatsink double extrude 71,45%. 

Kata kunci: Sepeda Listrik, Baterai, Sistem Pendingin, Heatsink, Temperatur.