
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si., M.T.Pembimbing 2
R. Akbar Nur Apriyanto, S.Tr.T., M.Tr.T.Download File
ANALISIS SISTEM PENDINGIN BATERAI LI-ION BERBENTUK SILINDRIS MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)
Novi Ardhyanti
194308002 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Penurunan kinerja baterai, cycle life, dan safety baterai disebabkan faktor kerja baterai LiFePo4 (Lithium iron phosphate) melebihi temperature operasional 40oC. Permasalahan penelitian adalah distribusi panas dengan variasi sistem pendinginan dan pengaruh fluida untuk baterai LiFePo4. Tujuan penelitian adalah menganalisis persebaran panas baterai dan temperature baterai LiFePo4 dibawah temperature operasional. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimen, dengan dilakukan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk sistem pendingin baterai LiFePo4. Baterai LiFePo4 tanpa pelat pendingin disimulasikan untuk hasil temperature maksimum baterai. Temperature operasional baterai lebih rendah 40oC dengan tambahan pelat pendingin yang dirangkai pada baterai dengan variasi fluida air dan udara yang mengalir dalam pelat pendingin. Hasil dan kesimpulan penelitian adalah data kenaikan temperature maksimum baterai 1,2oC dan persebaran panas yang merata pada permukaan baterai dengan variasi pelat pendingin yang dialiri fluida air.
Kata Kunci : Sistem Pendingin, Baterai Lithium Iron Phosphate, Pelat Pendingin, Fluida Air