
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Noorsakti Wahyudi, S.T, M.T.Pembimbing 2
Yoga Ahdiat Fakhrudi, S.Pd., M.T.Download File
ANALISIS KEKUATAN DESAIN STRUKTUR RANGKA ZEPPELIN CITY BUS TRANS SEMARANG MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS
OKTA DILLA RISQY
203303017 / D4 Teknologi Rekayasa Otomotif- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kekuatan desain struktur rangka Zeppelin City Bus Trans Semarang menggunakan metode Finite Element Analysis (FEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil simulasi untuk tegangan dan defleksi serta hasil safety factor dari pembebanan kondisi vertical dengan variasi berat normal, berat maksimal, dan berat kosong pada desain struktur rangka Zeppelin City Bus Trans Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan awal berupa studi pendahuluan untuk memahami penelitian terdahulu dan kondisi lapangan yang relevan. Selanjutnya, dilakukan perumusan permasalahan, penyusunan metode penelitian, pengumpulan data dan simulasi menggunakan software ANSYS Workbench, evaluasi dan analisis hasil penelitian, serta penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian analisa kekuatan beban terhadap desain struktur rangka Zeppelin City Bus Trans Semarang pada ketiga variasi dikatakan aman dikarenakan hasil berada di atas standar yang berlaku. Dari ketiga simulasi, dapat dikatakan bahwa maksimal penumpang yang bisa ditampung oleh rangka Zeppelin City Bus Trans Semarang adalah 28-29 penumpang dengan berat masing – masing orang 70kg melebihi penumpang pada berat normal yaitu 23 penumpang, atau menambah 5 penumpang dengan hasil safety factor 1,3342, Von Misses Stress 228,59Mpa dan defleksi sebesar 1,4895mm. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi PT. Gunung Mas Bersinar dalam mengembangkan rangka bus tersebut serta bisa meningkatkan pemahaman terhadap standar dalam kajian desain struktur untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan proses belajar mengajar di bidang teknologi rekayasa otomotif. Kata kunci:
Kata Kunci: Rangka, Finite Elemen Analysis, Pembebanan Vertical, Safety Factor, Tegangan, Defleksi, ANSYS Workbench