
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si., M.T.Pembimbing 2
Rahayu Mekar Bisono, S.ST., M.T.Download File
ANALISIS KEKUATAN STATIS STRUKTUR CARBODY KRL COMMUTER LINE DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Radiffa Aditama
194308040 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Desain baru struktur Carbody Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line menggunakan konstruksi semi monocoque. Permasalahan penelitian adalah struktur carbody KRL Commuter Line wajib dilakukan simulasi pembebanan statis untuk mengetahui kekuatan carbody ketika menerima beban. Tujuan penelitian adalah menganalisis tegangan von mises maksimum dan defleksi pada struktur carbody KRL Commuter Line terhadap pembebanan statis serta memverifikasi nilai tegangan tarik serta tegangan geser maksimal 75% dari yield strength material yang digunakan sesuai kriteria keberterimaan PM No.175 Tahun 2015 tentang standar spesifikasi teknis kereta kecepatan normal dengan penggerak sendiri. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimental dengan penerapan pembebanan statis struktur carbody KRL Commuter Line merujuk SNI 8933:2021 tentang metode uji statis untuk struktur badan kereta. Hasil penelitian adalah nilai tegangan von mises maksimum 380,88 MPa atau 55,60% dari yield strength material SUS 301L-HT dan defleksi sebesar 10,25 mm pada load case 9 dengan pembebanan maksimum dibandingkan load case lain. Kesimpulan penelitian adalah struktur carbody KRL Commuter Line memenuhi syarat keberterimaan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 175 Tahun 2015.
Kata kunci : Carbody, KRL Commuter Line, tegangan von mises maksimum dan defleksi, pembebanan statis, metode elemen hingga.