
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alfi Tranggono Agus Salim, S.Si.,M.T.,Pembimbing 2
Achmad Aminudin, S.Pd., M.T.,Download File
ANALISIS KEKUATAN DESAIN STRUKTUR POWERPACK FRAME KERETA UKUR JALUR LRT DENGAN FINITE ELEMENT ANALYSIS
Rafli Maulana
194308028 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Konstruksi powerpack engine system menggunakan frame sebagai penopang engine untuk menahan beban konstruksi. Permasalahan penelitian adalah pemodelan dan analisis kekuatan desain struktur powerpack frame dalam mengevaluasi kelayakan operasional. Tujuan penelitian adalah menganalisis tegangan desain struktur terhadap pembebanan yang diterapkan dan memverifikasi hasil simulasi pembebanan memenuhi kriteria keberterimaan berdasarkan standar UIC 566 dengan nilai tegangan maksimum sebesar 325 MPa, safety factor minimal 1,1 dan amplitudo tegangan maksimum berdasarkan standar JIS E 4207 sebesar 155 MPa. Optimasi desain struktur dilakukan saat teridentifikasi nilai hasil simulasi tidak memenuhi kriteria keberterimaan. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimental dengan dilakukan simulasi uji pembebanan statis desain struktur. Pengujian statis desain struktur diterapkan pembebanan mengacu standar UIC 566 dengan kondisi pembebanan exceptional load dan load underservice condition. Nilai tegangan hasil simulasi load underservice condition dianalisis dengan goodman diagram yang mengacu pada standar JIS E 4207. Hasil penelitian adalah nilai tegangan maksimum sebesar 318 MPa pada kondisi exceptional load dan safety factor 1,0, pada pembebanan kondisi load underservice amplitudo tegangan maksimum yang terjadi sebesar 74,584 MPa. Kesimpulan penelitian adalah struktur powerpack frame memenuhi kriteria keberterimaan pasca optimasi desain dengan perubahan ketebalan pelat bracket rubber transmission mount dari 16 mm menjadi 21 mm. Optimasi desain tersebut efektif untuk menaikkan nilai safety factor menjadi 1,4.
Kata kunci: Powerpack frame, exceptional load, load under service condition, UIC 566, JIS E 4207