Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Skripsi

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Wahyu Pribadi, S. ST., M.T.
Pembimbing 2
Adiratna Ciptaningrum, S.T.,M.T.

Download File

DESAIN SOFTWARE VISUALISASI DATA VIBRASI KERETA BERBASIS JARINGAN SENSOR NIRKABEL INTERNET OF THINGS SECARA REALTIME

Rio Duwi Setianto
2043008035 / D4 Perkeretaapian

  • Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024

Abstrak

Peminat transportasi kereta api di Indonesia sangat tinggi, sehingga keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas. Salah satu tindakan preventive maintenance adalah memantau vibrasi kereta api menggunakan sensor Accelerometer. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen perancangan untuk mengetahui pengaruh variabel terhadap hasil. Desain software menampilkan visualisasi grafik dan tabel data vibrasi dari kereta bogie hybrid PNM di website, yang dapat diunduh dalam format csv, excel, dan pdf. Desain UI menggunakan Figma, dan pengembangan website menggunakan VS Code dengan HTML, PHP, dan JavaScript. Software ini berhasil menampilkan visualisasi nilai vibrasi serta data yang tersimpan di database. Pengujian alpha menunjukkan semua fitur dan interface berjalan sesuai perancangan awal, dibuktikan dengan 49 item uji menggunakan metode black box yang berhasil. Desain software berbasis IoT dilakukan dengan pembuatan topik MQTT untuk Hardware 1 dan Hardware 2. Data vibrasi ditampilkan di website dan disimpan di database. Pengujian menunjukkan pengaturan delay optimal adalah 1000ms, dengan rata-rata ping jaringan 35 ms, dan packet loss sebesar 20,7% pada Hardware 1 dan 22,9% pada Hardware 2. Pengaturan ini optimal karena seimbang antara jumlah data yang dicatat dan toleransi packet loss, yang berada dalam rentang 15-24% sesuai standar TIPHON. Pengujian vibrasi pada bogie kereta hybrid menunjukkan rata-rata vibrasi 1,16 𝑚/𝑠2 (Hardware 1) dan 0,79 𝑚/𝑠2 (Hardware 2) di lintasan lurus, 4,93 𝑚/𝑠2 (Hardware 1) dan 2,18 𝑚/𝑠2 (Hardware 2) di tikungan, serta 0,76 𝑚/𝑠2 (Hardware 1) dan 1,10 𝑚/𝑠2 (Hardware 2) di jembatan. Hasil ini menunjukkan bahwa kondisi lintasan sangat memengaruhi percepatan dan stabilitas kereta hybrid. Analisis ini penting untuk perbaikan desain lintasan dan pengaturan kecepatan demi stabilitas dan kenyamanan.

 Kata kunci: visualisasi data, alpha testing, delay, packet loss.