
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Skripsi
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Dr. Eng. Agus Susanto, S.Pd., M.T.Pembimbing 2
Adiratna Ciptaningrum, S.T., M.T.Download File
ANALISIS STABILITAS KERETA API PADA LINTASAN MELENGKUNG DENGAN VARIASI KECEPATAN
Sheila Alifvia
194308087 / D4 Perkeretaapian- Dipublikasikan pada 23 Oktober 2024
Abstrak
Kecepatan merupakan salah satu hal yang penting bagi transportasi kereta api. Meningkatkan kecepatan kereta api pada jalur lengkung akan menyebabkan lebih singkatnya waktu tempuh sehingga mobilitas masyarakat akan meningkat. Meningkatkan kecepatan ini akan menghasilkan gerakan hunting yang menyebabkan meningkatnya gaya interaksi antara roda dan rel. Hal tersebut dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan penumpang kereta api. Suatu kereta api dikatakan memiliki stabilitas yang baik jika mempunyai nilai getaran kereta yang dapat diterima oleh manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keamanan (running safety) dan tingkat kenyamanan kereta api ketika melewati lintasan melengkung dengan metode simulasi multibody dynamic. Lengkung yang diteliti adalah radius lengkung representatif DAOP VII Madiun dengan variasi kecepatan yaitu kecepatan rencana dan kecepatan maksimum. Hasil dari penelitian ini adalah kereta api ketika melewati berbagai kondisi lintasan melengkung pada DAOP VII Madiun menunjukkan bahwa tidak ada nilai yang melebihi batas (safety factor ≤ 1) sehingga dapat dikatakan aman dan nyaman untuk penumpang. Selain itu, kecepatan kereta api dapat ditingkatkan ke kecepatan maksimum dengan cant deficiency maksimum yang diizinkan karena kereta dapat berjalan aman dari permasalahan derailment, nilai ride index kereta masih dibawah batas yaitu 2.5, dan memenuhi kriteria untuk mempersingkat waktu tempuh.
Kata Kunci: stabilitas, lintasan melengkung, multibody dynamic, running safety, ride index, kereta api