
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Mr. Moh. Farid Maftuh, S.Pd., M.Pd.Pembimbing 2
Mrs. Dian Palupi, S.Pd., M.Pd.Download File
THE IMPLEMENTATION OF SEGMENTING, TARGETING, AND POSITIONING (STP) STRATEGY IN 92.7 FM JOSS RADIO NGANJUK
Sheva Divania Milanisty
213106025 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024
Abstrak
Radio Joss 92.7 FM Nganjuk merupakan salah satu stasiun radio swasta nasional yang berada di Kabupaten Nganjuk yang memberikan layanan penyiaran berupa informasi, hiburan, dan pendidikan serta berusaha menjadi mercusuar bagi kebutuhan layanan penyiaran masyarakat Nganjuk dan sekitarnya. Namun karena ketatnya persaingan antar berbagai stasiun radio, maka perlu adanya penyesuaian program dan pemasaran stasiun radio yang sesuai dengan harapan pendengar. Oleh karena itu, dalam menyajikan program-program yang sesuai dengan target pasar yang diminati, Radio Joss menggunakan salah satu strategi pemasaran, yaitu strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP). Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi STP dan hambatannya di Radio Joss 92.7 FM Nganjuk. Dalam penulisan laporan ini, penulis menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif dengan data yang dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam laporan ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi STP Radio Joss 92.7 FM Nganjuk. Hasil dari laporan ini menunjukkan bahwa strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) telah berhasil diterapkan. Radio Joss 92.7 FM Nganjuk melakukan segmentasi pendengar berdasarkan segmentasi demografis dan geografis. Target dari Radio Joss 92.7 FM Nganjuk adalah orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun. Positioning Radio Joss 92.7 FM Nganjuk dilakukan dengan memberikan beberapa program unggulan yang berbeda dengan stasiun radio lainnya.
Kata Kunci: STP, Radio Joss, Deskriptif Kualitatif