
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum.Pembimbing 2
A’thi Fauzani Wisudawati, S.Pd., M.Pd.Download File
THE TYPE OF COMMUNICATION BARRIERS BETWEEN CSR AND CUSTOMER IN CUSTOMER SERVICE AT YOGYAKARTA TRAIN STATION
Muhammad Ridho Ardli Ashari
213106069 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024
Abstrak
Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam pertukaran informasi antar individu. Kesulitan dalam komunikasi disebut hambatan komunikasi. Sebagai perwakilan layanan pelanggan, terdapat 5 jenis hambatan komunikasi yang dihadapi, yaitu hambatan sikap, hambatan perilaku, hambatan budaya, hambatan bahasa, dan hambatan lingkungan. Hambatan komunikasi ini akan dihadapi oleh perwakilan layanan pelanggan karena Stasiun Yogyakarta adalah pusat transportasi, terutama kereta api, yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Stasiun Yogyakarta menghadapi hambatan komunikasi seperti sikap, perilaku, budaya, bahasa, dan lingkungan. Hambatan ini mengganggu interaksi efektif antara Perwakilan Layanan Pelanggan (CSR) dan penumpang. CSR menggunakan strategi seperti alat terjemahan, profesionalisme, dan pelatihan untuk mengatasi hambatan ini, dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman penumpang. Dengan terus meningkatkan keterampilan komunikasi mereka dan mengadopsi pendekatan yang berpusat pada pelanggan, CSR dapat secara efektif mengatasi hambatan ini, memastikan bahwa penumpang memiliki pengalaman yang lancar dan memuaskan di Stasiun Yogyakarta. Pendekatan ini sangat penting dalam menjaga reputasi stasiun sebagai pusat transportasi utama dan landmark budaya di pusat kota Yogyakarta.
Kata Kunci: Communication, Communication Barriers, Customer, Customer Service, Customer Service Representative, Yogyakarta Train Station