
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum.Pembimbing 2
Jannatul Laily Noviabahari, S.Pd.I., M.Pd.Download File
THE IMPLEMENTATION OF MARKETING PUBLIC RELATION STRATEGY IN MAINTAINING CORPORATE IMAGE AT PT INKA (PERSERO) MADIUN
Muhammad Ryan Dea Alviansyah
213106045 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024
Abstrak
PT INKA (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang manufaktur kereta api di Kota Madiun, yang produknya telah diekspor ke berbagai negara. PT INKA (Persero) berhasil melakukan ekspor karena adanya marketing public relations yang dilakukan oleh divisi public relations. Laporan tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui implementasi strategi marketing public relations dalam menjaga citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT INKA (Persero) telah melakukan Marketing Public Relations untuk mempertahankan citra perusahaan dengan menerapkan Push Strategy melalui media online seperti publikasi menggunakan media massa online, media sosial, dan website serta melalui media offline dengan membuat katalog produk, brosur, dan builder plate, kemudian Pull Strategy yang berfokus pada kegiatan pameran, media event, press release, kunjungan industri dan kerja sama dengan berbagai kedutaan besar, sementara Pass Strategy dengan melakukan kegiatan CSR dan sponsorship.
Kata Kunci: Public Relations, Citra Perusahaan, Marketing Public Relations, Strategi