
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum.Pembimbing 2
Muhammad Isa, S.Pd., M.Pd.Download File
THE PRODUCTION PROCESS OF COMMERCIAL ADVERTISING IN RADIO SUARA PENDIDIKAN NGAWI
Nabila Fitri Aulia Rahma
213106070 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024
Abstrak
Radio tidak hanya sebagai media massa yang berfungsi sebagai sumber informasi dan penyedia hiburan saja, namun juga sebagai sarana promosi atau dikenal dengan istilah periklanan. Iklan radio dikemas melalui beberapa tahap penting yang harus di lalui. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses tahapan pembuatan iklan komersial. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui kendala selama proses produksi iklan komersial di Radio Suara Pendidikan Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dua sumber yakni sumber primer dan sumber sekunder. Informasi dari sumber primer diperoleh dari observasi langsung dan wawancara dengan manager dan penyiar di Radio Suara Pendidikan Ngawi. Selain itu, informasi dari sumber sekunder diperoleh dari kajian dokumen, seperti thesis, jurnal, makalah, berita, serta dokumen tulis lainnya yang memiliki relevansi dengan penelitian. Selama proses observasi dan wawancara di lokasi penelitian, dokumentasi visual berupa foto dan video juga diambil untuk mendukung data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi iklan komersial di Radio Suara Pendidikan Ngawi memiliki beberapa tahapan. Untuk spot ads tahapannya adalah; penentuan ide, pengambilan suara, proses editing yang terdiri dari: penentuan rundown iklan, pemilihan voice, proses mixing, dan proses evaluasi. Sedangkan untuk adlib tahapannya adalah; penentuan ide, proses editing yang terdiri dari: penentuan rundown iklan, proses mixing, dan proses evaluasi. Selain itu, ada dua kendala selama proses produksi yaitu rekaman suara terganggu oleh pemadaman listrik secara tiba-tiba dan karakter suara tidak cocok dengan penyiar.
Kata Kunci : Produksi, Iklan Komersial, Radio Broadcasting, Radio Suara Pendidikan Ngawi