Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Ita Permatasari, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2
Jannatul Laily Noviabahari, S.Pd.I., M.Pd.

Download File

IMPLEMENTATION OF 4P TOURISM MARKETING MIX AT LAWU GREEN FOREST

Niken Rizki Amalia
213106071 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 24 Oktober 2024

Abstrak

Lawu Green Forest merupakan tempat wisata alam yang berada di gunung lawu dengan background hutan pinus. Lawu Green Forest yang menawarkan barbagai fasiliatas seperti akomodasi, wahana permainan, spot foto, outbound, transportasi dan restaurant. Dengan itu penulis bertujuan untuk membahas implementasi of 4P (produk, harga, tempat dan promosi) tourism marketing mix at Lawu Green Forest. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pengumpulan data observation, interview dan documentasi dengan staff pengelola dan staff marketing Lawu Green Forest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lawu Green Forest telah berhasil menciptakan produk dari akomodasi seperti Villa dan Camping. Selain itu juga terdapat fasilitas wahana, spot foto serta menyediakan outbound, trasportasi yang di gunakan jeep dan terdapat restaurant. Dengan perbedaan harga yang di tawarkan Lawu Green Forest dari tiket masuk, akomodasi, outbound dan trasportasi sehingga dapat menyesuaikan variasi paket dan fasilitas yang tawarkan. Lokasi Lawu Green Forest yang strategis di jalan provinsi dari daerah Jawa Timur maupun Jawa Tenggah juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan promosi yang dilakukan Lawu Green Forest dengam melalui media online dan media offline. Media online yang efektif melaui berbagi media sosial, sedangkan media offline melalui keraja sama dengan wisata lain, seta melakukan pemasangan papan iklan dan brosur. Kesimpulan dari hasil penelitian di Lawu Green Forest dengan baruran pemasaran 4P tourism marketing, dapat meningkatkan daya tarik wisata dan jumlah pengunjung wisatawan di Lawu Green Forest sehingga strategi romosi yang kuat dapat mempertahankan dan meningkatkan daya saing di industri pariwisat.

 Kata kunci: Bauran Pemasaran 4P, Lawu Green Forest, Deskriptif Kualitatif