
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Ita Permatasari, S.Pd, M.PdPembimbing 2
A’thi Fauzani Wisudawati S.Pd., M.PdDownload File
PROMOTIONAL STRATEGY OF THE SURAKARTA DEPARTMENT OF CULTURE AND TOURISM TO PROMOTE WAYANG ORANG SRIWEDARI
Winda Dwi Yuliyanti
213106052 / D3 Bahasa Inggris- Dipublikasikan pada 25 Oktober 2024
Abstrak
Wayang Orang Sriwedari merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia yang dilestarikan di Surakarta, Jawa Tengah, dan ditetapkan oleh pemerintah sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Strategi promosi merupakan peran penting yang dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan tempat wisata. Karena eksistensi, jumlah pengunjung, dan daya tarik event budaya, Wayang Orang Sriwedari dapat bertahan hingga saat ini. Oleh karena itu, penulis membahas mengenai strategi promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dalam mempromosikan Wayang Orang Sriwedari. Penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta dengan Kepala Bidang Pemasaran dan Destinasi Pariwisata serta Sub Koordinator Pemasaran Pariwisata sebagai informan. Kesimpulan dari laporan tugas akhir ini adalah untuk menunjukkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta menerapkan 4 strategi untuk mempromosikan Wayang Orang Sriwedari. Strategi pertama adalah periklanan seperti menggunakan media poster, radio, dan Instagram. Strategi kedua adalah promosi penjualan seperti menggunakan tiket gratis, diskon, dan voucher. Strategi ketiga adalah penjualan perseorangan seperti melakukan promosi di berbagai event. Strategi yang terakhir adalah hubungan masyarakat seperti melibatkan komunitas sebagai penyumbang ide dan juga promosi kepada masyarakat luar.
Kata kunci : Wayang Orang Sriwedari, Pariwisata Budaya, Strategi Promosi