
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Srimiatun, S.E., M.M.,Pembimbing 2
Hifzhan Frima Thousani, S.AB, M.A.B.,Download File
PENERAPAN MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN JASA KIRIMAN BARANG DI PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG MAGETAN
Azzahra Delfi Agustin
213101036 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Komunikasi pemasaran merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk membangun hubungan dengan konsumen dalam bentuk memberikan informasi, membujuk dan mengingatkan konsumen tentang produk yang dijual. Dalam melakukan komunikasi pemasaran diperlukan media untuk menjangkau para pelanggan. Pemilihan media komunikasi pemasaran yang tepat akan berdampak baik pada penjualan produk suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media komunikasi pemasaran jasa kiriman barang di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Magetan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Magetan menerapkan lima indikator media komunikasi pemasaran, yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Media sosial dan media cetak dimanfaatkan untuk kegiatan periklanan. Promosi penjualan dilakukan melalui pemberian cashback, diskon, dan voucher ongkir. Hubungan masyarakat terjalin dengan pelanggan ritel dan korporat, serta pemasaran langsung dilakukan untuk menjaga loyalitas pelanggan.
Kata kunci: komunikasi pemasaran, media komunikasi pemasaran, jasa kiriman barang