Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Eva Mirza Syafitri, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2
Priyanto, S.Pd., M.Si.

Download File

KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN MADIUN

Brenda Noviola Divanda Saputri
213101066 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian dan penerimaan pikiranpikiran, informasi, gagasan sampai pada titik tercapainya pengertian yang sama. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal customer service dengan pemohon di Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun telah menerapkan langkah – langkah proses komunikasi interpersonal dalam melayani pemohon berdasarkan teori Suranto 2011 tentang komunikasi interpersonal, yaitu adanya keinginan berkomunikasi antara customer service dengan pemohon, proses encoding oleh komunikator, pengiriman pesan secara tatap muka dan menggunakan beberapa media seperti whatsapp,email dan telephone, dan memberikan umpan balik. Untuk penerimaan pesan kurang diterima oleh pemohon sehingga untuk proses decoding pemohon kurang memahami informasi, sehingga kurang selaras dengan teori tersebut.

Kata Kunci : komunikasi interpersonal