Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Ridho Muarief, S.E.I., M.AB.,
Pembimbing 2
Farida Tri Hastuti, S.T., M.M.,

Download File

PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI ACCESS BY KAI PADA PELANGGAN PT KERETA API INDONESIA DI KOTA MADIUN

Dea Karuniawati
213101094 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

PT Kereta Api Indonesia Persero menyediakan fasilitas aplikasi pemesanan tiket online bernama “Access by KAI” yang dirancang untuk membantu mempermudah pelanggan dalam memesan tiket. Namun, terdapat pro dan kontra dari para pengguna aplikasi Access by KAI yang terlihat dari berbagai ulasan yang diutarakan pada google play store dan app store serta rating aplikasi pada google play store dan app store yang rendah. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui persepsi kemudahan penggunaan aplikasi Access by KAI pada pelanggan PT Kereta Api Indonesia Persero di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada pengguna aplikasi Access by KAI yang berada di Kota Madiun. Pengelolaan data dilakukan dengan menganalisis data dari hasil kuesioner dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dan Microsoft Excel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan aplikasi Access by KAI pada pelanggan PT Kereta Api Indonesia Persero di Kota Madiun adalah cukup mudah. Adapun hasil penilaian dari tiap-tiap indikator kemudahan penggunaan adalah 59% mudah dipelajari, 64% dapat dikontrol, 54% fleksibel, 52% mudah digunakan serta 51% untuk indikator jelas dan dapat dipahami.

Kata Kunci: persepsi, kemudahan penggunaan, Access by KAI