
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Halleina Rejeki Putri Hartono, S.E., M.Acc.Pembimbing 2
Gemelthree Ardiatus Subekti, S,A., M.A.Download File
ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK UNTUK MENENTUKAN LABA PENJUALAN PADA UMKM CHARU DHATRI KOTA MADIUN
Ajeng Ayu Lestari
203209076 / D3 Akuntansi- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian nasional. Namun, masih banyak UKM yang kurang memperhatikan biaya pemasarannya. Akibatnya, profitabilitas yang dicapai oleh perusahaan kurang efektif karena biaya yang tidak terkendali. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis biaya pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dan informasi tentang biaya pemasaran. Penelitian ini juga menganalisis atau memperhitungkan profitabilitas produk untuk mengetahui produk mana yang paling menguntungkan dan apa yang perlu dikembangkan. Objek penelitian ini adalah UMKM Charu Dhatri Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder berupa struktur organisasi, profil perusahaan, data penjualan produk dan data terkait lainnya. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dari dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya biaya pemasaran tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasaran pada tahun 2021. Laba setelah biaya pemasaran paling tinggi adalah pada tahun 2022 dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena bahan baku mulai mudah dicari dan permintaan pelanggan yang bertambah. Analisis profitabilitas berdasarkan jenis produk menunjukkan kenaikan dan penurunan profit yang cenderung fluktuasi setiap tahunnya
Kata Kunci: Biaya Pemasaran, Jenis Produk, Profitabilitas