Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Triana Prihatinta, S.Sos., M.M.,
Pembimbing 2
Rino Desanto Wiwoho, S.E., M.M.,

Download File

PROMOSI PRODUK OLEH-OLEH KHAS MADIUN DI TOKO TAMAN SARI 3 MADIUN

Fadila Dandi Rosita
213101009 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Promosi produk memainkan peran penting dalam strategi pertumbuhan perusahaan di pasar yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan promosi produk oleh-oleh khas Madiun yang diterapkan oleh Toko Taman Sari 3 Madiun, dengan fokus pada variabel bauran promosi oleh Kotler dan Armstrong dalam Hayati et al. (2017) yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (public relation) dan pemasaran langsung (direct marketing). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui tahapan pemaparan data dan pembahasan. Sumber data yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran promosi Toko Taman Sari 3 yaitu periklanan meliputi penggunaan Instagram, WhatsApp, dan TikTok, promosi penjualan meliputi potongan harga dan hadiah, penjualan personal meliputi pelayanan pelanggan dan bazar, hubungan masyarakat meliputi sponsor kegiatan, liputan media, dan konten ucapan hari besar dan tidak terlihat penerapan pemasaran langsung dalam bauran promosi mereka.

Kata kunci : promosi produk, bauran promosi, oleh-oleh khas Madiun