
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Amri Amrulloh, S.E., M.Ak.Pembimbing 2
Gemelthree Ardiatus Subekti, S.A., M.A.Download File
ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK UNTUK MENENTUKAN LABA PENJUALAN PADA UMKM OEMAH BATIK CANDI
FATMA JULIA EKAPUTRI
213209098 / D3 Akuntansi- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat memiliki peran yang penting dalam menjaga potensi dan stabilitas perekonomian nasional. Tetapi, masih banyaknya UMKM yang kurang memperhatikan biaya pemasarannya. Akibatnya, profitabilitas yang dicapai oleh perusahaan kurang efektif karena biaya yang tidak terkendali. Oleh karena itu, perlu dilakukannya analisi biaya pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data dan informasi tentang biaya pemasaran. Penelitian ini juga menganalisis atau memperhitungkan profitabilitas produk untuk mengetahui produk manakah yang paling menguntungkan dan apa yang perlu dikembangkan. Objek penelitian ini adalah UMKM Oemah Batik Candi. Penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa biaya penjualan, biaya pergudangan, biaya pengiriman, biaya promosi, biaya kredit dan penagihan dan biaya akkuntansi pemasaran. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu dari dokumentasi. Teknik analisi data yang digunaan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya biaya pemasarannya tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasaran yaitu pada tahun 2021. Laba setelah biaya pemasaran paling tinggi adalah pada tahun 2022 dan terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun karena makin banyaknya peminat batik dan pesanan meningkat. Analisis profitabilitas berdasarkan jenis produk menunjukkan kenaikan dan penurunan profit yang cenderung fluktuasi setiap tahunnya.
Kata Kunci : Biaya Pemasaran, Jenis Produk, Profitabilitas