
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Eva Mirza Syafitri, S.Pd., M.PdPembimbing 2
Muhammad Supriyanto, S.E., M.M.Download File
PENERAPAN ETIKA CUSTOMER SERVICE DI PERUMDA BPR BANK DAERAH KABUPATEN MADIUN
Ikuwan Yudistira Infantri
213101013 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Etika dalam perkembanganya sangat mempengaruhi kehidupan manusia, dalam kehidupan sehari–hari maupun dunia kerja. Tujuan adanya etika pelayanan adalah agar pelayanan yang diberikan kepada setiap pelanggan atau konsumen menjadi lebih optimal. Customer service di tuntut untuk memberikan pelayanan yang baik agar tetap mempertankan kepercayaan nasabah. Customer service harus mempuyai sikap yang ramah, sopan, menyenangkan, dan juga menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika customer service di Perumda BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun menurut Teori Kasmir (2008). Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan tiga informan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika customer service di Perumda BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun sesuai dengan Kasmir (2008), dimana customer service memiliki sikap dan perilaku yang baik dan ramah terhadap nasabah, berpenampilan sopan dan rapi, memiliki cara berpakaian yang rapi, cara berbicara kepada pelanggan yang jelas dan mudah dimengerti, selalu menyapa nasabah dan menawarkan bantuan dengan pertanyaan yang jelas dan tidak menyinggung, serta selalu menujukkan raut wajah bahagia dan tersenyum saat melayani nasabah.
Kata kunci : Etika, pelayanan, Customer Service