Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Netty Lisdiantini, S.Sos, M.AB
Pembimbing 2
Bias Nur Elmira, S.Pi. M.M.

Download File

PENERAPAN ETIKA CUSTOMER SERVICE DI PT KAI (PERSERO) DAOP 7 MADIUN

Jello Okhan Prastyavitama
213101014 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024

Abstrak

Etika memiliki peran penting dalam sebuah operasional perusahaan guna memberikan kesan dan kepuasan yang baik bagi para pelanggan. PT KAI (Persero) sangat memperhatikan pemilihan karyawan untuk mengisi bagian customer service demi memberikan pelayanan yang berkualitas untuk para pelanggan pengguna transportasi kereta api. Tanpa adanya penerapan etika customer service yang baik dapat memberikan dampak yang cukup besar pada sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan etika customer service di PT KAI (Persero) DAOP7 Madiun dengan indikator Etiket customer service menurut Kasmir (2022). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada tiga informan dan observasi, serta data sekunder diperoleh dengan cara dokumentasi tentang penerapan etika customer service. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hasil bahwa penerapan etika customer service di PT KAI dilakukan dengan memperhatikan sikap dan perilaku, penampilan, cara berpakaian, cara berbicara, gerak-gerik, serta cara bertanya. Adapun penerapannya seperti menerapkan sikap jujur dan baik, mengepalkan kedua tangan serta mengucapkan salam saat menyapa, berpakaian sesuai dengan SOP perusahaan, berbicara dengan jelas dan tidak bertele-tele serta selalu mendengarkan pelanggan, tidak memberikan gerak-gerik yang berlebihan, dan bertanya menggunakan nada yang tidak keras dan bahasa yang mudah dipahami.

Kata kunci : Etika, Pelayanan, Customer service, PT KAI