Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Ridho Muarief, S.E.I., M.AB.
Pembimbing 2
Hifzhan Frima Thousani S.AB., M.AB.

Download File

PROMOSI PRODUK TABUNGAN MELALUI DIRECT MARKETING DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG MADIUN

Alinda Suryandari
213101002 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024

Abstrak

Promosi merupakan upaya yang dilakukan perusahaan dalam memperkenalkan serta mempengaruhi calon konsumen agar melakukan pembelian produk. Dalam bisnis perbankan persaingan yang ketat mendorong pentingnya promosi, salah satunya melalui metode direct marketing dengan memperkenalkan produk secara langsung kepada calon konsumen. Penulisan Tugas Akhir ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan Promosi Produk Tabungan melalui Direct Marketing di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Madiun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa direct marketing yang diterapkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Madiun dalam mempromosikan produk tabungan dilakukan melalui lima bentuk dalam hal ini yaitu Face to face selling dilakukan melalui kunjungan kepada nasabah potensial. Direct-mail marketing dilakukan melalui surat penawaran dan brosur kepada instansi atau perusahaan. Catalog marketing dilakukan dengan mengirimkan katalog berdasarkan data yang ditetapkan. Telemarketing dilakukan melalui telepon keluar (outbound telephone marketing) dan online marketing dilakukan dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp.

Kata Kunci: promosi, direct marketing, produk tabungan