Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Aminudin Azis, S.Ag., M.Si.,
Pembimbing 2
Hendrick Hernando, S.T., M.M.,

Download File

STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE DI PT KAI DAOP 7 MADIUN

Kingkin Panjer Panggayuh
203101005 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024

Abstrak

Dalam dunia bisnis, pelayanan pelanggan merupakan faktor yang penting untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Salah satu aspek yang menjadi kunci keberhasilan dalam pelayanan pelanggan adalah komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dengan pelanggan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, membangun hubungan yang positif antara perusahaan dan pelanggan, serta meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi customer service di PT KAI DAOP 7 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pengolahan data dengan membandingkan teori yang telah diakui kebenarannya. Hasil yang diperoleh yaitu customer service di PT KAI DAOP 7 Madiun melakukan perencanaan strategi komunikasi meliputi pertama, identifikasi target khalayak dengan melihat target berbentuk perorangan atau kelompok.Kedua, melakukan penentuan tujuan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ketiga, melakukan penetuan isi pesan dengan bahasa yang jelas, sederhana dan mudah dimengerti. Keempat, penetapan tindakan dilakukan untuk memenuhi keinginan pelanggan.Kelima, pemilihan media untuk menyampaikan informasi yaitu aplikasi KAI Access dan brosur. Keenam, rencana komunikasi dilakukan dengan pembagian brosur, bertatap muka langsung dengan khalayak dan pembuatan jadwal kegiatan. Ketujuh, pengukuran keberhasilan dilihat dari pemahaman pelanggan dalam menerima informasi dan adanya umpan balik.

Kata kunci : Strategi Komunikasi, Customer Service, Kepuasan Pelanggan