
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Muhammad Supriyanto, S.E., M.M.Pembimbing 2
Triana Prihatinta, S.Sos., M.M.Download File
TAHAPAN PERIKLANAN DALAM PEMASARAN PRODUK MOJOSEMI FOREST PARK MAGETAN
Ananda Amelia Putri Prawoto
203101045 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 18 Oktober 2024
Abstrak
Periklanan merupakan proses komunikasi pemasaran antara suatu brand dengan konsumennya dengan menggunakan alat yang dinamakan iklan. Dalam upaya menarik minat pengunjung, Mojosemi Forest Park Magetan memerlukan promosi dengan periklanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan periklanan produk Mojosemi Forest Park Magetan. Penelitian ini mengacu pada teori Kotler & Keller (2007) tentang kelima M iklan (5M) yang meliputi mission, money, message, media, dan measurement. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan beberapa langkah pokok berupa paparan data dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Kelima M iklan (5M) terdiri dari Mission, berupa tujuan menginformasikan dan memperkenalkan, Sasaran berbagai rentang usia, instansi atau perusahaan. Petugas internal dan eksternal. Money, berupa anggaran low season dan high season. Berasal dari perusahaan, selama Mojosemi beroperasi, dan manajemen. Adanya persaingan produk dinosaurus, Jumlah penayangan dalam satu hari melalui Instagram 3-4 kali dan anggaran dialokasikan untuk pembelian peralatan. Message,berupa fokus pada promosi destinasi, tema dan pemilihan kata yang digunakan efektif, dapat dibaca dan diikuti, strategi untuk fokus pada satu produk lalu fokus pada produk lain. Adanya ilustrasi untuk memperkuat pesan dan pentingnya identitas adanya logo, ikon dinosaurus, dan natural forest. Media, berupa medsos menjadi alat utama pemasaran, viralitas melalui Instagram memberikan dampak positif. Media yang digunakan media cetak, elektronik, dan sosial. Media alternatif adalah papan reklame dan terdapat fitur scan barcode dan link, pesan singkat menjadi ciri Mojosemi. Measurement, berupa ulasan google dan grafik pengunjung.
Kata kunci: periklanan