
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M.,Pembimbing 2
Farida Tri Hastuti, S.T., M.M.,Download File
PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN JASA CUCI SEPATU MINIMAL SHOES CARE MADIUN
Muhammad Naufal Ramadhan
213101107 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Banyaknya kompetitor pada jasa cuci sepatu yang berada di Madiun membuat persaingan semakin ketat. Kondisi demikian memperlihatkan besarnya persaingan dalam industri jasa cuci sepatu di Madiun dan menjadi tantangan bagi perusahaan untuk berlomba-lomba memberikan pelayanan yang memuaskan. Kompetisi ini mengakibatkan makin pendeknya siklus hidup produk karena perusahaan berusaha untuk menawarkan sesuatu yang baru dan bernilai bagi pelanggannya. Salah satu upaya untuk mengantisipasi persaingan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan, maka perusahaan harus meningkatkan dan mempertahankan pelayanan kepada pelanggan. Perusahaan harus mampu menciptakan pelayanan yang sesuai dengan kepercayaan pelanggan dan kesesuaian persepsi pelanggan. Persepsi pelanggan terhadap pelayanan merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persepsi pelanggan terhadap pelayanan jasa cuci sepatu Minimal Shoes Care Madiun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Pengelolaan data dilakukan dengan menganalisis data dari hasil kuesioner dengan bantuan aplikasi SPSS 27 dan Microsoft Excel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap pelayanan jasa cuci sepatu Minimal Shoes Care Madiun adalah cukup berkualitas dengan persentase 84%. Indikator keandalan, petugas cukup konsisten pada pelayanan. Indikator daya tanggap, pelanggan dapat memanfaatkan layanan free ongkir and delivery. Indikator jaminan, petugas menjaga keamanan sepatu pelanggan. Indikator empati, petugas terbuka untuk kritik dan saran. Indikator bukti fisik, terdapat ac (air conditioner).
Kata kunci: service quality, persepsi pelanggan, pelayanan