Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Ahmad Kudhori, S.E., M.Si.
Pembimbing 2
Aan Nurrohman, S.Ak., M.Ak.

Download File

ANALISIS BIAYA PEMASARAN DAN PROFITABILITAS BERDASARKAN JENIS PRODUK PADA UMKM DUA PUTRA KABUPATEN MADIUN

MILDA AYU DIASTUTIK
213209102 / D3 Akuntansi

  • Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024

Abstrak

UMKM Dua Putra adalah UMKM yang memproduksi stick wijen dan onde wijen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya pemasaran dan profitabilitas berdasarkan jenis produk pada UMKM Dua Putra Kabupaten Madiun. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui penggolongan biaya pemasaran, alokasi tarif biaya, laba serta profitabilitas perusahaan. Jenis penelitian ini dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggolongkan biaya pemasaran menurut jenis produk. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi signifikan dalam alokasi biaya antar fungsi pemasaran, mengindikasikan perlunya evaluasi lebih lanjut untuk mengoptimalkan alokasi di masa depan. Analisis juga mengungkapkan bahwa peningkatan biaya pemasaran tidak selalu berbanding lurus dengan peningkatan laba, terutama pada produk stick wijen di tahun 2023 mengalami penurunan laba sejumlah Rp 2.190.720 sementara onde wijen mengalami kenaikan laba sejumlah Rp 8.998.981. Pada onde wijen mengalami penurunan profit sebesar 6% pada tahun 2023 dengan total penjualan Rp45.000.000,00. Pada tahun yang sama, stick wijen mengalami kenaikan sebesar 32% dengan total penjualan Rp48.384.000,00. 

Kata kunci : Analisis Biaya Pemasaran, Profitabilitas, Laba