
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Ina Syarifah, S.Sos., M.A.B.Pembimbing 2
Hendrick Hernando, S.T., M.M.Download File
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PANDAWA (PELAYANAN ADMINISTRASI MELALUI WHATSAPP) SEBAGAI LAYANAN ADMINISTRASI DIGITAL BPJS KESEHATAN
Nurmitasari
203101008 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 21 Oktober 2024
Abstrak
Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp) merupakan inovasi BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan di masa pandemi Covid-19. Meskipun layanan ini diluncurkan pada masa pandemi Covid-19, namun layanan Pandawa masih tetap digunakan sampai sekarang. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunan layanan Pandawa sebagai layanan administrasi digital BPJS Kesehatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan yang telah menggunakan layanan Pandawa dan teknik pengambilan sampel didasarkan pada teori Hair yaitu sampel diperoleh dari jumlah indikator dikalikan 10 sehingga menghasilkan 50 responden. Teknik pengolahan data menggunakan software Microsoft Excel 2016. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan layanan Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp) efektif yaitu indikator interface (antar muka) dengan persentase 88% responden, indikator navigation (navigasi) dengan persentase 80% responden, indikator content (isi) dengan persentase 74% responden, indikator reliability (keandalan) dengan persentase 56% responden, dan indikator technical (teknik) dengan persentase 60% responden.
Kata Kunci : Efektivitas, Layanan Pandawa, Layanan Administrasi Digital