Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Aminudin Azis, S.Ag., M.Si., s
Pembimbing 2
Niza Nurmalasari, S.S., M.M.,

Download File

PERSEPSI NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK DI KOTA MADIUN TERHADAP KUALITAS INFORMASI CHATBOT SABRINA

Onny Amelya
213101021 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Chatbot merupakan salah satu teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat membantu dalam pelayanan berbasis digital untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Chatbot Sabrina adalah asisten virtual PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang dapat memberikan informasi terkait perbankan yang dibutuhkan oleh nasabah. Kualitas informasi yang disajikan chatbot perlu diperhatikan agar pengguna chatbot mendapatkan manfaat dan kepuasan dalam pelayanan. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Kota Madiun terhadap kualitas informasi chatbot Sabrina. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan secara purposive dengan responden sebanyak 40 nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Kota Madiun yang menggunakan chatbot Sabrina. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, dan hasilnya dijelaskan dengan teori pengukuran kualitas informasi oleh Delone and McLean (dalam Ariadanang dan Chusumastuti, 2020), yang meliputi keakuratan informasi, relevan, kelengkapan informasi dan kemudahan pemahaman. Hasil penelitian menujukkan bahwa persepsi nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Kota Madiun terhadap kualitas informasi chatbot Sabrina berkualitas. Sebanyak 17 responden (43%) menyatakan sangat akurat, 24 responden (60%) menyatakan relevan, 16 responden (40%) menyatakan sangat lengkap, dan 17 responden (43%) menyatakan mudah dimengerti. 

Kata kunci: Artificial Intelligence, Pelayanan Digital, Chatbot Sabrina, Kualitas Informasi