Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Aminudi Azis, S.Ag., M.Si.,
Pembimbing 2
Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M.,

Download File

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN NASABAH DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) UPC DOLOPO

Puput Dwi Septiyani
203101022 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Frontliner dalam memberikan pelayanan memerlukan komunikasi yang efektif, beberapa syarat komunikasi efektif yaitu, persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian dan keharmonisan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas komunikasi dalam pelayanan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) UPC Dolopo. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan cara mendeksripsikan suatu keadaan secara objektif menggunakan angka. Rencana penyelesaian penelitian ini adalah pengambilan data menggunakan sumber data primer dengan penyebaran kuesioner dan sumber data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Pegadaian (Persero) UPC Dolopo, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik pengolahan data menggunakan software IMB SPSS Statistic 2016 dan Microsoft Excell 2010. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa komunikasi dalam pelayanan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) UPC Dolopo efektif, hal tersebut dapat diketahui dari hasil persentase data pada tiap indikator. Indikator persepsi (64%), indikator ketepatan (70%), indikator kredibilitas (62%), indikator pengendalian (58%), dan indikator keharmonisan (78%). 

Kata Kunci : Efektivitas, Komunikasi, Kualitas Pelayanan, Frontliner