
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Muhammad Supriyanto, S.E., M.M.Pembimbing 2
Dyah Ayu Khunthi Puspitasari, S.E., M.B.A.Download File
PENERAPAN BAURAN PROMOSI DI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 7 MADIUN
Qur’ani Dwi Cahyanti
213101111 / D3 Administrasi Bisnis- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran promosi yang diterapakan di Unit Angkutan Penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi berdasarkan teori Philip Kotler dan Gary Amstrong (2014) tentang bauran promosi (promotion mix) yang meliputi, periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (public relation) dan pemasaran langsung (direct marketing). Data diolah dan disajikan dalam bentuk paparan serta pembahasan. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran promosi telah diterapkan dalam proses pemasaran produk. Pada variabel periklanan dilakukan secara online dan offline. Untuk variabel penjualan personal dilakukan dengan memberkan potongan harga, voucher atau souvenir kepada pelanggan. Kemudian variabel penjualan personal dilakukan dengan cara pendekatan kepada mitra, baik instansi atau perusahaan lain. Sedangkan variabel hubungan masyarakat dilakukan dengan cara membuat kegiatan berupa sosialisasi atau sponsorship, selanjutnya untuk variabel pemasaran langsung dilakukan di loket stasiun dan penjualan online.
Kata kunci : promotion mix, PT Kereta Api Indonesia (Persero)