Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Prasetyo Yekti Utomo, S.E., M.M.,
Pembimbing 2
Subiyantoro, S.Sos., M.Si.,

Download File

STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT PEGADAIAN (PERSERO)MADIUN

Septina Deni Masruroh
203101109 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang penting bagi perusahaan.Perusahaan menerapkan strategi Customer Relationship Managementuntuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan memahami keinginan dan perilaku pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan dan profitabilitas perusahaan.Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menggambarkanpenerapanStrategi Customer Relationship Management yang dilakukan olehPT Pegadaian (Persero)Madiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan strategi Customer Relationship Managementdi PT Pegadaian (Persero) Madiundilakukan melalui empat tahapan yaitu identify, differentiation, interact, dan customize. Pada tahap Identify, dilakukandengan mengidentifikasi nasabah melalui data yang diperoleh dari formulir nasabah. Kemudian pada tahap Differentitation, dilakukan dengan mengelompokkan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pada tahap Interact, dilakukan dengan cara menjalin interaksi dengan nasabah melalui komunikasi langsung dan tidak langsung. Selanjutnya tahap Customize,dilakukan penyesuaian-penyesuaian, baik terhadap pelanggan maupun produk dengan merealisasikan perbaikan atas keluhan-keluhan atau kritik yang disampaikan nasabah sekaligus memberi reward atau bonus kepada para pelanggan atas loyalitasnya.

Kata kunci: Strategi, Customer Relationship Management, Pelanggan