Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Drs. A. Doedyk Setiyawan, M.M.
Pembimbing 2
Farida Tri Hastuti, S.T., M.M.

Download File

PENERAPAN MARKETING MIX BUMI PERKEMAHAN WISATA ALASTUWO

Silvia Damayanti
213101117 / D3 Administrasi Bisnis

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Marketing mix merupakan strategi produk, penetapan harga, distribusi dan promosi dengan menyalurkannya ke pasar sasaran. Marketing mix digunakan sebagai pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan marketing mix Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo di Kabupaten Magetan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang menggambarkan fenomena atau permasalahan dengan apa adanya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan paparan data dan pembahasan terkait penerapan marketing mix Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bumi Perkemahan Alastuwo menawarkan produk yang mencakup berbagai aktivitas seperti berkemah, outbound, gathering, dan program untuk sekolah atau instansi yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Lokasi yang strategis dan mudah ditemukan melalui google maps. Penentuan harga tiket yaitu sebesar Rp.5000,- per orang dan tiket camping sebesar Rp.20.000,- dengan fleksibilitas harga untuk rombongan besar melalui kebijakan potongan harga. Promosi yang dilakukan melalui sosial media Instagram dan TikTok serta sosialisasi ke instansi. Proses layanan yang dilakukan melalui briefing. Pelatihan dan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja. Physical evidence dilakukan dalam hal peningkatan kebersihan lokasi serta perbaikan dan pengembangan fasilitas dan wahana.

Kata kunci: marketing mix, pengambilan keputusan, kebutuhan konsumen