Selamat Datang di Repository Perpustakaan

Politeknik Negeri Madiun

Detail Tugas Akhir

Dosen Pembimbing

Pembimbing 1
Drs. Yulius Harry Widodo, M.Hum.
Pembimbing 2
Jannatul Laily Noviabahari, S. Pd., M.Pd.

Download File

THE IMPLEMENTATION OF THE 7 C’S OF COMMUNICATION BY CSR AT YOGYAKARTA TRAIN STATION CUSTOMER SERVICE UNIT OFFICE

Ahmad Nur Khoiri
213106055 / D3 Bahasa Inggris

  • Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024

Abstrak

Dalam berjalanya komunikasi yang efektif, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seseorang. Menurut Khrisna K.D (2018:38) ada 7 poin yang dapat diimplementasikan untuk menjadikan komunikasi lebih efektif. Adapun 7 C's of Communication antara lain kejelasan (clarity), benar (Correct), ringkas (concise), konkret (concrete), lengkap (complete), pertimbangan (consider) dan sopan (courteous). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah poin 7 C's ini diimplementasikan oleh Staff Customer Service saat melayani pelanggan, khususnya Staff CSR yang berada di stasiun kereta api Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dekriptif. Berdasarkan hasil laporan observasi, wawancara langsung dan pengambilan dokumentasi. Penulis dapat mengidentifikasi bahwa Staff CSR Yogyakarta menggunakan tujuh dari 7 C's of Communication. Di sisi lain penulis juga menemukan cara Staff CSR dalam mengimplementasikan tujuh poin tersebut seperti menanyakan kembali apakah informasi yang disampaikan sudah cukup jelas?, selalu mengecek semua informasi tentang kereta api di sistem sebelum menyampaikan informasi ke penumpang, Mengurangi basa basi yang tidak perlu kepada penumpang, Memperhatikan background usia dan background pendidikan sebelum menyampaikan informasi kepada penumpang, memberikan informasi tambahan kepada penumpang untuk mengindari pertanyaan lain, Selalu memperhatikan gaya komunikasi yang sesuai dengan penumpang, dan selalu berusaha bersikap sopan, serta ramah kepada penumpang.

 Keyword : Pelayanan Pelanggan, Metode 7 C’s of Communication sebagai metode pelayanan yang baik, Divisi Layanan Pelanggan