
Selamat Datang di Repository Perpustakaan
Politeknik Negeri Madiun
Detail Tugas Akhir
Dosen Pembimbing
Pembimbing 1
Alief Sutantohadi, S.S., M.Hum.Pembimbing 2
Muhammad Isa, S.Pd., M.Pd.Download File
THE IMPLEMENTATION OF COMMUNICATION STRATEGIES BY THE BROADCASTER IN R TIME PROGRAM AT RFM94 MOJOKERTO RADIO
Ananda Ragil Meiliani Sari
213106003 / D3 Teknik Komputer Kontrol- Dipublikasikan pada 22 Oktober 2024
Abstrak
Program R Time yang merupakan program unggulan Radio RFM94 Mojokerto yang berlokasi di Kota Mojokerto, merupakan program musik yang sering berinteraksi langsung dengan pendengarnya. Penyiar R Time melakukan komunikasi interaktif dengan pendengar. Dalam laporan tugas akhir ini, penulis bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh penyiar R Time dan hambatan yang dialami penyiar selama menjalankan strategi komunikasi. Strategi komunikasi yang dilakukan penyiar adalah komunikasi gagasan, komunikasi kepribadian, proyeksi kepribadian, pengucapan, dan kontrol suara. Hambatan strategi komunikasi meliputi hambatan proses, hambatan fisik, hambatan semantik, dan hambatan psikososial. Penulis menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode untuk mengumpulkan data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan penyiar dan direktur Program R Time. Hasil temuannya adalah penyiar mencari topik yang berbeda setiap harinya untuk komunikasi gagasan, sapaan untuk komunikasi kepribadian, kelincahan bicara dan keramahan untuk proyeksi kepribadian, memilih kata yang paling mudah untuk pengucapan, dan mengontrol suara melalui headphone untuk strategi kontrol suara. Hambatan selama pelaksanaan strategi komunikasi adalah hambatan proses yaitu penyiar kurang memahami materi, hambatan fisik yaitu masalah pada alat penyiaran, dan penyiar menggunakan kata-kata formal yang sulit dimengerti sebagai hambatan semantic, dan perbedaan makna antar bahasa sebagai hambatan psikososial. Oleh karena itu, penulis menyimpulkan bahwa Program R Time mengimplementasikan strategi komunikasi oleh penyiar.
Keywords: Strategi Komunikasi, RFM94 Mojokerto Radio, Program R Time, Broadcaster